Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Pilkada Kota Malang

4 Parpol Fraksi Damai Sepakat Usung Abah Anton

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

20 - May - 2024, 08:19

(Dari kiri) Ketua PAN Kota Malang Lokh Mahfudz, Ketua PSI Kota Malang Achmad Faried, Ketua Nasdem Kota Malang Hanan Djalil, Abah Anton, dan Ketua Demokrat Kota Malang Imron.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
(Dari kiri) Ketua PAN Kota Malang Lokh Mahfudz, Ketua PSI Kota Malang Achmad Faried, Ketua Nasdem Kota Malang Hanan Djalil, Abah Anton, dan Ketua Demokrat Kota Malang Imron.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Empat partai politik (parpol) yang berada di Fraksi Damai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang bersepakat mengusung Mochamad Anton atau Abah Anton dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang 2024.

Keempat parpol tersebut adalah Partai Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Kesepakatan itu ditunjukkan dalam sebuah kesempatan deklarasi yang dikemas halalbihalal pada Minggu (19/5/2024) malam.

Baca Juga : Hari Kebangkitan Nasional: Sejarah, Faktor Pendorong dan Maknanya untuk Indonesia

Pada kesempatan itu, hadir keempat pimpinan parpol dengan Abah Anton yang turut hadir bak bintang tamu. Kehadiran Abah Anton disaksikan pengurus dan beberapa perwakilan kader dari keempat partai. 

Pada kesempatan tersebut, Abah Anton mengatakan, saat ini semua calon kepala daerah (cakada) membutuhkan kendaraan untuk dapat turut berkontestasi di Pilkada Kota Malang.   "Saya kira semua cakada itu membutuhkan sehuah jembatan sebagai cakada melalui partai," ujar mantan wali kota Malang ini. 

Jika ditotal, pada Pileg 2024 lalu 4 parpol yang berada di Fraksi Damai memiliki 9 kursi. Jumlah itu cukup untuk digunakan mengusung pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Rinciannya, Partai Demokrat mendapat 3 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, PSI 2 kursi, dan PAN  1 kursi. "Dan kita melihat bahwa partai Fraksi Damai ada 9 kursi dari 4 partai. Tentu bukan saya saja, tapi cakada lain akan mengincar itu," ucap Anton. 

Dirinya pun melihat bahwa keempat partai tersebut memiliki posisi yang cukup kuat dalam Pilkada Kota Malang mendatang karena telah mengantongi 9 kursi. "Kami melihat posisi fraksi dari 4 partai sangat kuat karena bisa mencalonkan sendiri kepala daerah dan wakilnya," imbuh Anton. 

Baca Juga : Manfaatkan Momentum Harkitnas, Lathifah Shohib Daftar sebagai Bacabup dan Usung Malang Bangkit

Selanjutnya untuk kelengkapan persyaratan, Abah Anton akan mendaftar kepada 4 parpol tersebut. Pendaftaran rencananya akan dilakukan pada Rabu (22/5/2024) secara maraton. 

"Bergantian mulai pagi secara maraton. Karena ada waktu Senin sampai Rabu. Saya ingin hari Rabu bisa selesai daftar," kata Anton. 


Topik

Politik Fraksi Damai Kota Malang Pilkada Kota Malang Abah Anton calon wali kota


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy