Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

SMKN 1 Nglegok Sambut Kominfo Goes to School, Ini Pesan Bupati Blitar untuk Generasi Z

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

15 - May - 2024, 08:22

Bupati Blitar, Rini Syarifah membuka acara Kominfo Goes To School di SMKN 1 Nglegok. (Foto: Pemkab Blitar)
Bupati Blitar, Rini Syarifah membuka acara Kominfo Goes To School di SMKN 1 Nglegok. (Foto: Pemkab Blitar)

JATIMTIMES- Bupati Blitar, Rini Syarifah yang akrab disapa Mak Rini membuka acara "Kominfo Goes to School" di SMKN 1 Nglegok pada hari Selasa, 14 Mei 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Blitar, dengan tujuan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan siswa SMK.

Dalam sambutannya, Bupati Rini Syarifah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Blitar yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Beliau menekankan pentingnya acara ini sebagai agenda rutin yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan mentransfer ilmu terkait Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta memberikan tips bijak dalam menggunakan media digital, termasuk media sosial.

Baca Juga : Tak Hanya Anak, Orang Tua juga Bisa Berdosa: Salah Satunya Mengumbar Aib

“Kegiatan ini sangat penting mengingat masih banyaknya informasi hoaks, ujaran kebencian, dan radikalisme yang tersebar di media sosial. Saya berharap seluruh siswa SMK bisa bijak dalam bermedia sosial setelah mengikuti kegiatan ini,” ujar Mak Rini.

Lebih lanjut, Bupati Rini mengharapkan agar para siswa SMK bisa menjadi agen perubahan dan influencer dalam penggunaan media digital yang bijak. Beliau juga mendorong para siswa untuk mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Blitar, seperti potensi wisata, produk UMKM, dan kuliner khas daerah.

“Adik-adik ini adalah pelajar SMK yang dipandang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter. Selain bekerja di industri atau melanjutkan studi, lulusan SMK juga harus ada yang bisa menjadi wirausaha kreatif,” tambah Mak Rini.

Bupati Rini juga mengingatkan pentingnya peran Kepala Sekolah dan jajaran dalam memajukan sekolah melalui inovasi pembelajaran. Menurutnya, sekolah harus lebih jeli dalam melihat potensi siswa dan lebih intensif menumbuhkan minat kewirausahaan melalui berbagai terobosan pembelajaran, terutama yang didukung oleh teknologi informasi.

“Sekolah SMK harus membangun suasana atau tradisi wirausaha. Untuk itu semua harus siap. Siap, Bapak/Ibu? Siap, adik-adik semua?” serunya dengan semangat, yang disambut riuh oleh para peserta.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Rini juga menyoroti studi yang didanai oleh UNICEF dan dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menemukan bahwa 98 persen anak-anak dan remaja di Indonesia tahu tentang internet, dan 79,5 persen di antaranya adalah pengguna internet. Beliau menjelaskan bahwa anak-anak dan remaja memiliki tiga motivasi utama untuk mengakses internet, yaitu untuk mencari informasi, terhubung dengan teman lama dan baru, serta untuk hiburan.

“Pencarian informasi sering didorong oleh tugas-tugas sekolah, sedangkan penggunaan media sosial dan konten hiburan didorong oleh kebutuhan pribadi. Untuk itu diperlukan upaya meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan mereka dalam kaitannya dengan keamanan berinternet,” kata Mak Rini.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar menegaskan pentingnya pemahaman penggunaan dan keamanan media digital dari perspektif anak-anak dan remaja. Termasuk memahami cara mereka mengartikan dan menggunakan teknologi digital, komunikasi online, serta perilaku berisiko atau tidak aman. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menggunakan media digital dengan cara yang positif dan bijak.

Acara “Kominfo Goes to School” ini juga diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya. Bupati Rini meminta para siswa untuk mengikuti seluruh materi dengan seksama dan tidak ragu untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami.

Baca Juga : Ciptakan Religiusitas di Lingkungan Kerja, Pegawai Unisma Awali Kerja dengan Baca Al-Quran 

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, kegiatan ‘Kominfo Goes to School Tahun 2024 di SMKN 1 Nglegok’ secara resmi saya buka. Semoga acara ini berlangsung lancar, sukses, dan penuh semangat,” ucap Mak Rini menutup sambutannya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung, termasuk pameran produk-produk kreatif siswa SMKN 1 Nglegok yang menampilkan hasil karya mereka di bidang teknologi informasi dan kewirausahaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lain untuk terus berinovasi dan berkreasi demi kemajuan Indonesia.
Dengan semangat yang membara, Bupati Rini mengajak seluruh peserta untuk terus berinovasi dan memajukan diri. 

“Tengadah ke angkasa, langit cerah warnanya biru, SMKN 1 Nglegok memang luar biasa, terus berinovasi untuk Indonesia Maju,” tutupnya dengan pantun yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Blitar, Herman Widodo, menjelaskan lebih lanjut mengenai tujuan dan pentingnya acara ini. Menurut Herman, "Kominfo Goes to School" bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan siswa SMK, yang dianggap sebagai generasi strategis untuk masa depan. Herman mengatakan bahwa acara ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang keamanan berinternet dan penggunaan media digital secara positif.

Herman Widodo menyampaikan bahwa literasi digital sangat penting di era sekarang, terutama bagi generasi muda yang sangat tergantung pada teknologi dan internet. Dia menekankan bahwa siswa perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menghindari risiko yang dapat timbul dari penggunaan media digital yang tidak bijak. Dalam pandangannya, pendidikan literasi digital tidak hanya penting untuk keamanan pribadi siswa, tetapi juga untuk membentuk generasi yang mampu memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif dan produktif.

“Literasi digital menjadi kunci penting di era modern ini. Generasi muda harus memahami bagaimana menggunakan teknologi dengan bijak untuk menghindari risiko-risiko seperti informasi hoaks dan cyberbullying,” ujar Herman Widodo. 

Ia menambahkan bahwa pemahaman ini akan membantu siswa tidak hanya dalam menjaga keamanan pribadi mereka, tetapi juga dalam memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang lebih produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.


Topik

Pendidikan Blitar Rini Syarifah Mak Rini SMKN 1 Nglegok


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri